Kontribusi Program Studi Informatika Unpad dalam Huawei Smartgen 2018

Program Studi Teknik Informatika berkontribusi bagi Unpad dalam kegiatan Smartgen yang diprakarsai Huawei Indonesia pada tahun 2018. Smartgen merupakan program Huawei yang menjembatani pengetahuan yang didapatkan oleh mahasiswa di perguruan tinggi dengan kebutuhan industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penandatanganan dilakukan oleh Rektor Unpad dan fihak Huawei di Gedung BPPT Jakarta disaksikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Duta Besar Republik Rakyat China untuk Indonesia Xie Feng, serta Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. Ainun Na’im pada tanggal 9 Oktober 2018. Berita lainnya dapat dilihat di berbagai media informasi lainnya seperti MetroTVNews dan Liputan6, Berikut rekaman gambarnya.

Posted in Kerjasama, Mahasiswa, Pendidikan, Standar 3, Standar 5, Standar 7 | Comments Off on Kontribusi Program Studi Informatika Unpad dalam Huawei Smartgen 2018

Kunjungan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) untuk Kolaborasi Riset dan Rekruitasi S2/S3

Pada tanggal 9 Oktober 2018, College of Electrical Engineering and Computer Science (CEECS), National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) bertandang ke Fakultas MIPA UNPAD. NTUST mengirimkan empat dosennya antara lain: Prof Shien-Kue Liaw (Wakil dekan CEECS), Prof. Shan-Shiang Shen (computer science), Prof. Chin-Ya Huang (Electronic and Computer Engineering), dan Prof. Chin-Hu Lu (Electrical Engineering). Pada kesempatan ini, dua departemen FMIPA yaitu departemen elektro dan ilmu komputer juga terlibat dalam pertemuan. Adapun agenda pembahasan terkait rencana kolaborasi riset antar kedua fakultas dari dua universitas ini.
Selain pertemuan kolaborasi, CEECS juga mengadakan rekruitasi untuk jenjang S2 dan S3. Meskipun belum lulus, enam mahasiswa dari semester 7 departemen ilmu komputer dinyatakan diterima dan mendapat kesempatan meraih beasiswa. Adapun mahasiswa yang telah diterima yaitu:
1. Rivaldi Ridhla Julviar
2. Ragil Ananta
3. Muhammad Umar Fadhlullah
4. Irfan Muhammad Wildani
5. Dwiki Nurkurniawan Satya Putra
6. Ihsan Kamil

 

Posted in Kerjasama, Lulusan, Mahasiswa, Pendidikan, Penelitian | Comments Off on Kunjungan National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) untuk Kolaborasi Riset dan Rekruitasi S2/S3

Sosialisasi Kompetisi CIMB Niaga

Pada tanggal 1 Oktober 2018, departemen ilmu komputer mengadakan sosialiasi kompetisi. Sosialisasi ini langsung disampaikan oleh pihak CIMB Niaga.
Adapun k0mpetisi yang diadakan sebanyak tiga lomba yaitu data science, fintech, dan coding. Besarnya animo mahasiswa terhadap kompetisi  yang diadakan terlihat dari banyaknya mahasiswa yang langsung mendaftar pada saat sosialisasi ini dilakukan. Peserta lomba akan disaring dalam beberapa tahap sehingga diperoleh tiga pemenang dari masing-masing kategori lomba. Selanjutnya pemenang pertama di tiap negara bertemu di tahap final yang akan diselenggarakan di Malaysia pada Januari mendatang.

Posted in Kerjasama, Mahasiswa, Prestasi | Comments Off on Sosialisasi Kompetisi CIMB Niaga

Pelatihan Train The Trainer Huawei Program HCAI-HCNA-R&S

Pada tanggal 8 – 12 Oktober 2018, tiga dosen Teknik Informatika Dr. Asep Sholahuddin, M.T., Rudi Rosadi, M.Kom, dan Aditya Pradana, M.Eng mengikuti pelatihan Train The Trainer Huawei Program HCAI-HCNA-R&S di Lab Telematika ITB. Trainer dalam pelatihan ini adalah Linus Lai dari Infosyte yang bekerjasama dengan Huawei Enterprise Training.

Posted in Kerjasama, Tridarma Lainnya | Comments Off on Pelatihan Train The Trainer Huawei Program HCAI-HCNA-R&S

Seminar Nasional Informatika 2018 dalam rangka IFEST 2018

Pada hari Sabtu, 29 September 2018, HIMATIF FMIPA Unpad mengadakan Seminar Nasional Informatika 2018 dengan tema “Tech Up Your Knowledge for Better Security” di Graha Sanusi Unpad Dipatiukur. Acara dibuka oleh koprodi Teknik Informatika Unpad, Dr. Juli Rejito, M.Kom. Pembicara pada acara tersebut adalah Dadhi Wijayanto, S.Si, CEH, ENSA. (Leader of IT Security Operation Garuda Indonesia), Yohanes Syailendra, M.Kom, CEH, ECSA (Assistant Manager of Cyber Security at PwC Indonesia), Muhammad Fahri Shihab, BSc, OSCP (Security Engineer at Gojek), dan Notario Airlangga S.Kom, CEH. (Security Engineer at BRI).

Kegiatan dimulai dengan seminar, expo startup, presentasi lomba android-web, penyerahan hadiah bagi pemenang lomba, kemudian diakhiri dengan presentasi oleh para pemakalah. Untuk penyerahan pemenang lomba yang diwakili oleh ibu Mira Suryani, M.Kom.

Reviewer dalam kegiatan presentasi oleh pemakalah dihadiri oleh beberapa dosen Teknik Informatika, diantaranya Ino Suryana, M.Kom., Mira Suryani, M.Kom, dan Aditya Pradana, M.Eng.

Posted in Mahasiswa, Seminar | Comments Off on Seminar Nasional Informatika 2018 dalam rangka IFEST 2018

Dosen ILKOM berpartisipasi pada Pengembangan Kurikulum FINTECH

Era teknologi merupakan sebuah era di mana kehidupan dan aktivitas masyarakat akan lebih mudah dan efektif dikarenakan peran dunia digital. Salah satu jenis startup yang mulai naik daun adalah pada bidang Fintech. Fintech adalah sebuah sebutan yang disingkat dari kata ‘financial’ dan ‘technology’ di mana artinya adalah sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan.

Dengan masuknya era Fintech, mau tidak mau kurikulum di universitas Indonesia juga perlu meng-update diri. Oleh karena itu, DIKTI mengundang sejumlah kampus di Indonesia untuk bergabung dalam kegiatan pengembangan kurikulum berbasis Fintech, antara lain ITB, UNPAD, UI, PNJ, UPI, dan Unair. Agenda ini akan diselenggarakan dalam satu tahun dan terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama telah diselenggarakan pada tanggal 24-27 September 2018 di Bandung yang di-host UNPAD, sesi kedua di bulan November 2018 di Singapura, dan sesi ketiga di bulan April 2019 dengan host dari ITB.

 

Posted in Kerjasama, Pendidikan, Seminar | Comments Off on Dosen ILKOM berpartisipasi pada Pengembangan Kurikulum FINTECH

Dosen Ilmu Komputer Berkontribusi dalam Impact Expo 2018

3 (tiga) orang dosen Departemen Ilmu Komputer telah berkontribusi dalam kegiatan Impact Expo, yaitu ajang tukar informasi dan inspirasi mengenai berbagai aktivitas Unpad yang berdampak positif bagi masyarakat. Acara yang digelar sebagai bagian dari peringatan Dies Natalis ke-61 ini digelar di Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Rabu (26/9) dan Kamis (27/9). Berikut rekaman gambarnya.

Posted in Pendidikan, Penelitian, Pengabdian, Standar 4, Standar 5, Standar 7 | Comments Off on Dosen Ilmu Komputer Berkontribusi dalam Impact Expo 2018

Prestasi HaKI Dosen Departemen Ilmu Komputer

Hingga bulan September 2018, terdapat 5 buah sertifikat pencatatan HaKI dimana dosen Departemen Ilmu Komputer telibat dalam penciptaan produknya. Ciptaan yang dihasilkan adalah (1) Pengembangan Model Generalized Space Time Autoregressive Integrated Autoregressive Conditionally Heteroscedasticity (GSTARI-ARCH) (2) Spatial Autoregressive-Kriging (SAR-Kriging) Spatial Data Mining (3) Font Aksara Sunda (Sunda 5 Unpad.ttf) (4) Font Aksara Sunda (Sunda 5 Unpad.woff) (5) Aplikasi Amadi – Visualisasi Naskah.

Posted in Prestasi, Standar 4, Standar 7 | Comments Off on Prestasi HaKI Dosen Departemen Ilmu Komputer

Dosen Ilmu Komputer mendapat Penghargaan The First Best Paper dalam Konferensi Internasional 2018

Predikat The First Best Paper diraih oleh tim penulis yang terdiri dari dosen departemen Ilmu Komputer dan mahasiswa/alumni program studi Teknik Informatika untuk makalah yang berjudul “Evaluating Ancient Sundanese Glyph Recognition Using Convolutional Neural Network”. Makalah tersebut dipresentasikan pada The 3rd International Conference on Computing and Applied Informatics Informatics yang diselenggarakan di Medan oleh Universitas Sumatera Utara pada tanggal 18-19 September 2018. Selamat. Lihat pemberitaannya di Situs Universitas Padjadjaran.

Posted in Penelitian, Prestasi, Standar 3, Standar 4, Standar 6 | Comments Off on Dosen Ilmu Komputer mendapat Penghargaan The First Best Paper dalam Konferensi Internasional 2018

Tiga Dosen Ilkom mendapat Penghargaan Satya Karya Bhakti Kelas I dari Unpad

Tiga dosen Departemen Ilmu Komputer, Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS., Dr. Asep Sholahuddin, M.T., dan Dr. Juli Rejito, M.Kom., mendapat Penghargaan Satya Karya Bhakti Kelas I dari UNPAD. Penghargaan diberikan pada Acara Puncak Dies ke-61 Unpad yang akan diadakan pada tanggal 18 September 2018 bertempat di Graha Sanusi Hardjawinata Universitas Padjadjaran Jalan Dipati Ukur 35 Bandung.

Posted in Prestasi, Standar 3, Standar 4 | Comments Off on Tiga Dosen Ilkom mendapat Penghargaan Satya Karya Bhakti Kelas I dari Unpad