Dosen Teknik Informatika dan KKN Integratif Unpad di Kabuyutan Ciburuy-Kabupaten Garut

Kabuyutan Ciburuy merupakan salah satu cagar budaya Nusantara. Dr. Undang A. Darsa, Filolog dan Ahli sejarah dari Prodi Sastra Sunda Unpad, mengatakan bahwa Kabuyutan Ciburuy merupakan satu mandala (institusi sekolah pada jaman Kerajaan Sunda) yang masih eksis keberadaannya hingga hari ini. Karena keterbatasan sumber daya manusia dari pihak internal Kabuyutan, kegiatan kemandalaan tidak berlanjut. Dosen Teknik Informatika berinisiatif untuk melanjutkan kegiatan kemandalaan berbasis teknologi bersama-sama dengan mahasiswa KKN Integratif, Departemen Sasta Sunda, Pusat Studi Budaya Sunda, Dinas Pariwisata Kabupaten Garut, dan himpunan mahasiswa Garut.
Kegiatan pertama kemandalaan telah dilakukan pada tanggal 21-22 April 2018 di lingkungan Kabuyutan Ciburuy dengan agenda pengenalan aksara Sunda baku kepada anak-anak. Selanjutnya, dokumentasi video 360 dan foto dilakukan untuk keperluan publikasi Kabuyutan Ciburuy ke masyarakat netizen jaman Now. Kemudian, kegiatan wawancara eksklusif terhadap stakeholder Akademisi, Masyarakat Adat, dan Pemerintah juga dilakukan untuk melihat benang merah cara pandang dan harapan setiap stakeholder terhadap Kabuyutan Ciburuy.
Kemandalaan melalui kegaiatan KKN Integratif 2017-2018 ini masih berlangsung. Kami juga terbuka bagi masyarakat untuk berkontribusi untuk melestarikan budaya dan mengaktifkan pembelajaran di Kabuyutan. Follow dan Like Instagram dengan ID “kciburuy” untuk mendapatkan informasi terkait pembelajaran di Kabuyutan Ciburuy. Yuuk kita sama-sama bangun kemandalaan di Kabuyutan Ciburuy..

 

This entry was posted in Pengabdian and tagged , , . Bookmark the permalink.