Partisipasi Teknik Informatika dalam Training of Trainer E-learning Unpad 2016

Pada KamisĀ  dan Jum’at tanggal 23 dan 24 Juni, Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) E-learning Unpad 2016 bertempat di Unpad Training Center, Jl. Dago No. 4, Bandung. ToT ini diikuti oleh kurang lebih 60 orang yang berasal dari 13 Fakultas di Unpad. ToT E-learning ini bertujuan memberikan pelatihan bagi wakil Fakultas terpilih mengenai pengenalan Blended Learning, tata cara membuat course di e-learning Unpad, tata cara pembuatan berbagai jenis materi, pengenalan learning style, HaKI untuk bahan ajar, sekaligus persiapan online learning untuk tahun akademik yang akan datang.

Pada ToT E-learning kali ini Unpad juga memperkenalkan wajah baru e-learning Unpad yang diberi nama LIVE (Learning in Virtual Environment). Fitur yang ada pada e-learning Unpad yang baru ini berada pada penambahan berbagai jenis sarana pemberian materi dan aktivitas di dalam e-learning seperti workshop, video conference, dll.

P_20160623_085142_HDR

Prodi Teknik Informatika sendiri berpartisipasi dalam kegiatan ToT ini dengan mengirimkan lima dosennya yaitu: Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS, Dr. Asep Sholahuddin, Drs., MT, Erick Paulus, M.Kom, Mira Suryani, S.Pd, M.Kom, dan Aditya Pradana, S.T., M.Eng. Selain narasumber dari Tim E-learning Unpad, pada ToT kali ini dihadirkan juga Bapak Djaja Sardjana dari ComLabs ITB sebagai narasumber yang memperkenalkan Blended Learning.

P_20160623_093437Pada kegiatan ini, berpartisipasi juga Mira Suryani, S.Pd, M.Kom sebagai perwakilan dosen TI Unpad untuk sharing mengenai penelitian personalisasi e-learning dan pengenalan singkat mengenai learning style.

IMG-20160624-WA0004Diharapkan hasil dari ToT E-learning ini, seluruh sivitas akademika di Unpad dapat lebih memaksimalkan penggunaan E-learning sebagai alternatif sarana belajar selain tatap muka di kelas. Kedepannya semoga Unpad memiliki banyak mata kuliah terbuka yang dapat disampaikan melalui E-learning dan tentunya dibarengi dengan bahan ajar yang baik pula kualitasnya.

 

About Mira Suryani

Junior Member in Computer Science Department, Universitas Padjadjaran. Achieve Bachelor Deg (S.Pd) in Computer Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia in 2011 and Master Deg in Computer Science at Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia in 2014. Research interest in digital library, distance learning, information retrieval, UI & UX, and image processing. Concern in create better education in Indonesia in IT ways. Cur Project: Ancient Manuscript Digitization and Indexation

This entry was posted in Pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink.