Pembelajaran Aksara Sunda Inovatif dan Menyenangkan dengan Teknologi Augmented Reality

Pada 12 – 17 Desember 2019, Tim penelitian AMIRA yang terdiri dari Dr. Setiawan Hadi, Sc.CS, Mira Suryani, M.Kom, dan Gilang Nusantara Barry Putra melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di SMA Al-Ma’soem, Rancaekek. Kegiatan PPM ini merupakan salah satu kegiatan hilirisasi hasil riset yang berkaitan dengan pelestarian aksara sunda melalui teknologi. Kegiatan PPM disambut baik oleh pihak sekolah. Tim diterima dengan baik oleh Bapak Deni Purwadi, M.Pd selaku kepala sekolah dan Bapak Riki Nawawi, S.Hum selaku guru Bahasa Sunda.

Pada kegiatan tersebut diperkenalkan aplikasi Aksara AR ke siswa kelas X, XI, dan XII sebanyak ± 120 siswa yang tergabung ke dalam Catrik Al-Ma’soem (Class of Ancient Manuscript of Al-Ma’soem). Aplikasi Aksara AR merupakan aplikasi mobile untuk mengenal aksara Sunda Kuno Abad XV berbasis teknologi augmented reality. Terdapat fitur Scan Kartu AR yang menampilkan bentuk silabis aksara pada layar handphone, memunculkan suara dari silabis, dan kategori dari silabis. Selain itu terdapat fitur untuk mengetes kemampuan mengenai aksara melalui fitur kuis.

Implementasi aplikasi Aksara AR sebagai media pembelajaran ini antusias dipelajari dan digunakan oleh siswa. Selain mencoba, siswa juga memberikan saran dan masukan untuk pengembangan aplikasi yang lebih baik. Begitu pula harapan kami, semoga aplikasi ini dapat bermanfaat sebagai media pembelajaran inovatif sekaligus melestarikan budaya yang dimulai dari sekolah-sekolah. Aplikasi Aksara AR ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut dengan fitur yang lebih lengkap dan data yang lebih banyak.

About Mira Suryani

Junior Member in Computer Science Department, Universitas Padjadjaran. Achieve Bachelor Deg (S.Pd) in Computer Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia in 2011 and Master Deg in Computer Science at Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia in 2014. Research interest in digital library, distance learning, information retrieval, UI & UX, and image processing. Concern in create better education in Indonesia in IT ways. Cur Project: Ancient Manuscript Digitization and Indexation
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.