Penelitian

Penelitian dilakukan oleh para dosen Departemen Ilmu Komputer yang dikelompokkan sesuai dengan bidang keahlian atau peminatan. Tersedia 4 bidang keahlian yaitu (1) KBK Ilmu Komputasi dan Metode Numerik (2) KBK Sistem Informasi dan Sistem Multimedia (3) KBK Sistem Cerdas dan Sistem Grafika, dan (4) KBK Jaringan Komputer dan Komunikasi Data. Saat ini tersedia 2 KBK yaitu KBK Sistem Informasi dan Sistem Multimedia dan KBK Sistem Cerdas dan Sistem Grafika yang melingkupi topik-topik penelitian sebagai berikut:

  1. KBK Sistem Informasi dan Sistem Multimedia
    • Data Mining and warehousing
    • Information retrieval
    • Information Security
    • Networking and data communication
    • Mobile and cloud computing
    • Multimedia systems
    • Web technology
    • Embedded systems and IOT
    • Topik relevan lainnya
  2. KBK Sistem Cerdas dan Sistem Grafika
    • Robotics & Smart Systems
    • Image Processing and Analysis
    • Computer Vision
    • Machine learning and deep learning
    • Learning Technology
    • Biometrics
    • Soft computing and Pervasive Computing
    • Augmented Reality and Virtual Reality
    • Topik relevan lainnya

Berikut ini penelitian-penelitian yang sedang dan telah dilakukan di Departemen Ilmu Komputer Program Studi Teknik Informatika Universitas Padjadjaran.

2018
  • International Joint Research
    1. AMADI, dibiayai program STIC ASIE, Program Kerjasama dengan University of La Rochelle Perancis; PI: Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS.. Besar dana. 20 ribu Euro.
    2. Persiapan RISE – Social Media Analytics, Program Kerjasama dengan Universitas Duissburg Essen dalam Skema Horizon 2020 Uni Eropa (proposed); PI: Dr. Atje Setiawan Abdullah, M.Kom. Besar dana. Besar Dana 50 ribu Euro
  • Penelitian Kerjasama Luar Negeri (PKLN)
    1. Ancient Manuscripts Digitization and Indexation, dengan peneliti Setiawan Hadi, Undang M. Darsa, Erick Paulus, dan Mira Suryani. Besar Dana 185 juta rupiah dan dana PPM 12.5 juta rupiah.
  • Riset Kompetensi Dosen Unpad (RKDU)
    1. Data Mining untuk Etnoinformatika Penamaan Desa di Lima Wilayah Provinsi Jawa Barat, dengan peneliti Atje Setiawan A, Aditya Pradana dan Mumuh Muhsin Zakaria (FIB). Besar Dana 82.3 juta rupiah dan dana PPM 12.5 juta rupiah.
    2. Kursi Roda Cerdas berbasis Artificial Intelligence dan Robotik untuk Orang yang Berketerbatasan, dengan penelitia Asep Sholahuddin, Setiawan Hadi, Akik Hidayat. Besar Dana 81.4 juta rupiah dan dana PPM 10 juta rupiah.
  • Riset Fundamental Unpad (RFU)
    1. Penggabungan Strategi Self-Monitoring dengan Personalisasi Konten Pembelajaran pada Ubiquitos Learning System, dengan peneliti Ino Suryana, Erick Paulus dan Mira Suryani. Besar Dana 67.385 juta rupiah dan dana PPM 10 juta rupiah.
    2. Model Ekstraksi Teks Pada Analisa Citra Naskah Sunda Kuno, dengan peneliti Erick Paulus, Mira Suryani, Ino Suryana. Besar Dana 67.350 juta rupiah dan dana PPM 12.5 juta rupiah.
    3. Algorima Kriptografi AES Digunakan dalam Menganalisis Mode Block Cipher untuk Mengetahui Kecepatan, Kerahasiaan dan Panjang Teks Hasil Enkripsi dan Dekripsi, dengan peneliti Akik Hidayat, Rudi Rosadi, Deni Setiana. Besar Dana 40.410 juta rupiah dan dana PPM 5.5 juta rupiah.
    4. Kajian Model Optimisasi dan Formulasi Kolam Ikan Tertutup Berbasis Aplikasi, dengan peneliti R. Sudrajat dkk. Besar dana 71.7 juta rupiah.
    5. Implementasi Stemming Algoritma untuk Text Mining pada Sistem Ujian Berbasis Komputer (CBT), dengan peneliti Juli Rejito dkk. Besar dana 97.5 juta rupiah.
  • Academic Leadership Grant (ALG)
    1. Pengembangan Model Space Time Dan Aplikasinya Pada Industri, Organisasi Serta Lingkungan Untuk Mendukung Common Goals Jawa Barat Tahun 2015-2019, dengan peneliti Prof. Budi Nurani, dan sebagian anggotanya adalah Atje Setiawan Abdullah dan Juli Rejito. Besar dana 250 juta rupiah dan dana PPM 12.5 juta rupiah.
    2. Pemodelan Matematika dan Komputasi dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Kesehatan, dengan Ketua Prof. Dr. Asep K. Supriatna, dan sebagian anggotanya adalah Setiawan Hadi dan Asep Sholahuddin. Besar dana 250 juta rupiah dan dana PPM 10 juta rupiah.
2017
  • International Joint Research
    1. AMADI, dibiayai program STIC ASIE, Program Kerjasama dengan University of La Rochelle Perancis; PI: Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS.

    2. Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional (PKLN)
      1. Spatio Temporal Data Mining for Mapping Climate Change Impacts on Water Resources Management at Java Island, Kerjasama dengan Departemen Matematika.
      2. Ancient Manuscripts Digitization and Indexation, dengan peneliti Setiawan Hadi, Undang M. Darsa, Erick Paulus, dan Mira Suryani, dengan besar dana ajuan 200 juta rupiah.
    3. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)
      1. Pengembangan Kursi Roda Berbasis Robotika Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Orang Dengan Keterbatasan, dengan peneliti Asep Sholahuddin, Dessy Novita, dan Deni Setiana, dengan jumlah dana ajuan 100 juta rupiah.
      2. Pembangunan Sistem Pengenalan Suara kedalam Teks Berbahasa Sunda, dengan peneliti Akik Hidayat, Atje Setiawan A (menggantikan Akmal) dan Intan Nurma Yulita, dengan besar dana ajuan 150 juta rupiah
    4. Riset Kompetensi Dosen Unpad (RKDU)
      1. Data Mining untuk Etnoinformatika Penamaan Desa di Lima Wilayah Provinsi Jawa Barat, dengan peneliti Atje Setiawan A, Akik Hidayat dan Mumuh Muhsin Zakaria (FIB)<. Ajuan dana sebesar 150 juta rupiah.
    5. Riset Fundamental Unpad (RFU)
      1. Security dan Integrity Sistem Test Berbasis CBT – Computer Based Test pada Perangkat Mobil Based Assesment, dengan peneliti Juli Rejito, Deni Setiana dan, Rudi Rosadi. Biaya yang diajukan sebesar 100 juta rupiah.
      2. Penggabungan Strategi Self-Monitoring dengan Personalisasi Konten Pembelajaran pada Ubiquitos Learning System, dengan peneliti Ino Suryana, Erick Paulus dan Mira Suryani. Besar dana ajuan 100 juta rupiah.
      3. Metode Komputasional untuk Biomedis: Machine Learning untuk Klasifikasi Tahap Tidur pada Pasien dengan Gangguan Tidur, dengan peneliti Rudi Rosadi, Intan Nurma Yulita dan Sri Purwani. Besar dana yang diajukan 100 juta rupiah.
      4. Model Ekstrasi Teks Pada Analisa Citra Naskah Sunda Kuno, dengan peneliti Erick Paulus, Mira Suryani, Setiawan Hadi. Besar dana yang diajukan 100 juta rupiah. HIU Batch 2.
      5. Kajian Model Optimisasi dan Formulasi Kolam Ikan Tertutup Berbasis APlikasi, dengan peneliti R. Sudrajat, .HIU Batch 2. Besar dana yang diajukan 100 juta rupiah.
    6. Academic Leadership Grant (ALG)
      1. Pengembangan Model Space Time Dan Aplikasinya Pada Industri, Organisasi Serta Lingkungan Untuk Mendukung Common Goals Jawa Barat Tahun 2015-2019, dengan peneliti Prof. Budi Nurani, dan sebagian anggotanya adalah Atje Setiawan Abdullah dan Juli Rejito.
      2. Pemodelan Matematika dan Komputasi dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan, dan Kesehatan, dengan Ketua Prof. Dr. Asep K. Supriatna, dan sebagian anggotanya adalah Setiawan Hadi dan Asep Sholahuddin. Besar dana ajuan 250 juta rupiah.
2016
  • International Joint Research
    1. AMADI, dibiayai program STIC ASIE, Uni Eropa via Pemerintah Perancis/University of La Rochelle.
  • Penelitian Kerjasama Luar Negeri dan Publikasi Internasional (PKLN)
    1. Spatio Temporal Data Mining for Mapping Climate Change Impacts on Water Resources Management at Java Island, Kerjasama dengan FMIPA/Matematika
    2. Ancient Manuscript Digitization and Indexation (AMADI), kerjasama dengan FIB/Sastra Sunda. Peneliti Setiawan Hadi, Undang M. Darsa, Asep Sholahuddin
  • Penelitian Hibah Peningkatan Kapasitas Riset Dosen (HPKRD)
    1. Deteksi Kecemasan Sosial Berbasis Pola Gerakan, dengan peneliti Erick Paulus, Aditya Pradana, Mira Suryani
    2. Personalisasi Berbasis Konten Pembelajaran Adaptif pada Lingkungan Ubiquitos Learning, dengan peneliti Ino Suryana, Mira Suryani
    3. Pengembangan Aplikasi Fuzzy C-Means Clustering Untuk Mengelompokan Data Kinerja Akademik Mahasiswa Unpad, dengan peneliti Rudi Rosadi,…
    4. Optimisasi Sistem Media Pengurai Amoniak Limbah Kotoran Ikan pada Kolam Tertutup, dengan peneliti R Sudrajat,…
  • Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)
    1. Pengembangan Alat Intervensi Kecemasan Social Implisit Approach-Avoidance Task, bekeja sama dengan Fakultas Psikologi UNPAD dengan peneliti Prof. Dr. Wilis Srisayekti, Marisa Fransiska Moeliono, Efi Fitriana, Setiawan Hadi
  • Penelitian Mandiri (PM)
    1. Pengembangan sistem temu kembali interaktif untuk aksara Sunda kuno, dengan peneliti Mira Suryani, Erick Paulus, dan Aditya Pradana.
    2. Analisis Kinerja Sistem Informasi Kehadiran Praktikum Berbasis Sidik Jari, dengan peneliti Rudi Rosadi, Akik Hidayat, dan Aditya Pradana
    3. Pengembangan Aplikasi Komputer untuk Pengenalan Tulisan dari Data Gambar, dengan peneliti Intan Nurma Yulita
    4. Identifikasi Gerakan Manusia Melalui Sequential Pattern Recognition, dengan peneliti Intan Nurma Yulita
    5. Sistem keamanan pada tiket menggunakan kriptografi Merkle Hellman, dengan peneliti Akik Hidayat, dan Aditya Pradana
    6. Analisis Rekayasa Trafik Lalu Lintas Kendaraan di Kampus Unpad Jatinangor dengan Menggunakan Algoritma Routing Jaringan Komputer, dengan peneliti Aditya Pradana, Rudi Rosadi, dan Deni Setiana
  • Academic Leadership Grant (ALG)
    1. Pengembangan Model Space Time Dan Aplikasinya Pada Industri, Organisasi Serta Lingkungan Untuk Mendukung Common Goals Jawa Barat Tahun 2015-2019, dengan peneliti Prof. Budi Nurani, dan sebagian anggotanya adalah Atje Setiawan Abdullah dan Juli Rejito.
    2. Pemodelan Matematika Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Pengendalian Penyakit Menular, dengan peneliti Prof. Asep K. Supriatna, dan sebagian anggotanya adalah Setiawan Hadi dan Asep Sholahuddin.
2015
  • Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)
  • Academic Leadership Grant (ALG)
    1. Pengembangan Model Space Time Dan Aplikasinya Pada Industri, Organisasi Serta Lingkungan Untuk Mendukung Common Goals Jawa Barat Tahun 2015-2019
    2. Pemodelan Matematika Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Pengendalian Penyakit Menular
    3. Pemodelan Optimisasi Pengelolaan SUmber Daya ALam dan Lingkungan Hidup di Jawa Barat
    4. Kecemasan Sosial Pada Masyarakat Sunda Di Jawa Barat: Perkembangan Gangguan, Pengukuran, Diagnosis, Intervensi; dengan Prof. Wilis Srisayekti (Psikologi)
2014
  • Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (PUPT)
2013
  • Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi (2)
  • Penelitian BOPTN (1)
  • Penelitian Riset Kerjasama Internasional (1)
2012
  • Penelitian Fundamental (1)
  • Penelitian Berorientasi Produk (6)
  • Penelitian Riset Kerjasama Internasional (1)
  • Penelitian Swadana (10)