Sarana dan Prasarana

Prasarana yang disediakan bagi Program Studi Teknik Informatika yaitu 3 (tiga) gedung yang dikenal dengan sebutan Gedung Biru atau dahulu bernama Gedung PPBS. Ada 3 gedung yang digunakan yaitu Gedung A, Gedung B, dan Gedung D. Gedung A dan Gedung B digunakan untuk perkuliahan, sedangkan Gedung D digunakan untuk Laboratorium, Manajemen dan keperluan lainnya. Sarana yang disediakan adalah ruang kuliah, laboratorium, perpustakaan, sistem informasi, ruang dosen, ruang manajemen, dan fasilitas lainnya. Selain itu sebagai bagian integral dari Unpad, Program Studi Teknik Informatika dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada di Unpad.

Ruang Kuliah
Terdapat 6 (enam) ruang kuliah yang digunakan dalam kegiatan akademik dan terdistribusi di 2 gedung yaitu Gedung A dan Gedung B. Ruang kuliah tersebut telah dilengkapi dengan kursi dan meja kuliah, kursi dan meja dosen, meja LCD Proyektor, jendela ventilasi yang nyaman, serta penerangan yang memadai. Sebagian ruang kuliah dilengkapi dengan pendingin udara.

  • Gedung A
    1. A0204: Kapasitas 80, Luas 100m2
    2. A0205: Kapasitas 80, Luas 100m2
  • Gedung B
    1. B0101: Kapasitas 60, Luas 80m2
    2. B0102: Kapasitas 60, Luas 80m2
    3. B0201: Kapasitas 80, Luas 100m2
    4. B0202: Kapasitas 60, Luas 80m2
Laboratorium
Laboratorium di Program Studi S-1 Teknik Informatika dikelola oleh 2 orang kepala laboratorium yaitu Kepala Laboratorium Laboratorium Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Multimedia (SIMUL) dan Kepala Laboratorium Robotika, Kecerdasan Artifisial, dan Citra Digital (RAID). Secara fisik pengelolaan laboratorium dikelompokkan sebagai berikut:

  • Laboratorium SIMUL
    1. Laboratorium Multimedia (D0204), dengan kapasitas 20 komputer, Mac Desktop, i5, 4Gb RAM
    2. Laboratorium Pemrograman Komputer (D305), dengan kapasitas 40 komputer, i5
    3. Laboratorium Jaringan Komputer
  • Laboratorium RAID
    1. Laboratorium Artificial Intelligence (D0306), dengan kapasitas 40 komputer, i7, 8Gb RAM, touchscreen 23″
    2. Laboratorium Robotika (D0210)
    3. Laboratorium Interaksi Manusia dan Komputer (D0205)
  • Laboratorium Informatika Bersama
    1. Laboratorium Informatika 1-5 di D0206, D0212, D0312, D0313, D0315 dengan kapasitas masing-masing 40 komputer, i5, 4Gb RAM
Perpustakaan
Perpustakaan program studi menempati ruangan D0109. Perpustakaan menggunakan aplikasi SLIM yang dapat diakses secara global. Untuk data peminjaman buku, digunakan aplikasi internal. Unpad menyediakan URL khusus untuk tempat penyimpanan informasi publik dengan alamat http://kandaga.unpad.ac.id. Perpustakaan lain yang dapat diakses secara penuh adalah

dan beberapa perpustakaan lainnya baik online (nasional dan internasional) maupun fisik antara lain:

Sistem Informasi
Sistem informasi di program studi dan departemen merupakan sistem informasi terpusat dan terintegrasi yang disebut SIAT atau Sistem Informasi Akademik Terpadu. Perangkat Lunak berlisensi sudah memiliki lisensi dan legal. Sistem informasi dikelaompokkan dalam sistem informasi untuk administrasi dan sistem informasi untuk kegiatan pembelajaran dan penelitian.

  • Sistem Informasi Untuk Keperluan Administrasi
    1. Sistem Informasi Perkantoran (e-Office)
    2. Sistem Informasi Kinerja Pegawai (KKID)
    3. Sistem Informasi Otentikasi Sistem (PAUS-ID)
    4. Sistem Informasi Dosen (Staffs)
    5. Sistem Informasi Keuangan dan Sarana Prasarana (ERP-Oracle)
  • Sistem Informasi untuk Kegiatan Pembelajaran dan Penelitian
    1. Sistem Pembelajaran Daring (CS-Learning)
    2. Sistem Informasi Pembelajaran (LIVE)
    3. Sistem Informasi Repositry Kepustakaan (Kandaga)
    4. Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
  • Perangkat Lunak Berlisensi
    1. Microsoft Campus Agreement, untuks emua perangkat lunak keluaran Microsoft
    2. Microsoft Imagine, fasilitas bagi mahasiswa STEM menunduh perangkat lunak Microsoft secara legal
    3. Perangkat lunak keluaran Adobe
    4. Perangkat lunak MATLAB untuk penelitian saintifik
    5. Perangkat lunak SPSS untuk penelitian sosial dan saintifik
Ruang Dosen
  • Setiap dosen menempati ruangan masing-masing yang dilengkapi dengan perlengkapan perkantoran memadari dan modern yaitu luasan > 4m2, meja kantor, kursi staf, lemari, komputer, fasilitas internet Hi-Speed 24 jam. Untuk kenyamanan ditambahkan pendingin udara dan fasilitas makan-minum secukupnya. Selain itu juga tersedia meja diskusi dan ruang diskusi. Untuk keamanan akses dilakukan secara terpadu satu pintu.
  • Walaupun setiap dosen menempati satu ruang secara pribadi (privacy), namun aspek komunikasi baik antara dosen, antara dosen dengan mahasiswa, dan dengan tenaga kependidikan dan tamu tetap dipertahankan dengan adanya ruang terbuka bersama.
  • Setiap dosen yang mengajar di program studi berkedudukan di Departemen Ilmu Komputer. Setiap dosen tergabung dalam Kelompok Bidang Keahlian (KBK). Saat ini ada 2 KBK yang aktif yaitu KBK Sistem Informasi Sistem Multimedia dan KBK Sistem Cerdas dan Sistem Grafika.
Ruangan Pengelola
Pengelola merupakan kesatuan integral yang terdiri dari Departemen Ilmu Komputer dan Program Studi yang memiliki TUPOKSI spesifik. Departemen mengelola Penelitian dan Pengabdian, SDM, dan Infrastruktur, sedangkan Program Studi mengelola Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan.

  • Ruang Ketua Program Studi (D0105)
  • Ruang Kepala Departemen (D0211)
  • Ruang Administrasi Departemen dan Program Studi (D0108)
Fasilitas Lainnya
Untuk menunjang kegiatan akademik baik dosen, mahasiswa, maupun tenaga kependidikan, disediakan ruang-ruang khusus yaitu

  • Ruang ibadah berupa mushola setiap lantai dan masjid Bale Awehan Unpad
  • Lapangan olah raga : Lapangan Jati, dan Bale Santika
  • Ruang himpunan mahasiswa (D0316)
  • Kantin mahasiswa
  • Fasilitas parkir mobil dan motor yang aman
  • Petugas keamanan (Sentinel) dan petugas kebersihan kampus (K3L)
  • Ruang rapat bersama (departemen, fakultas, dan Unpad), Bale Sawala, Bale Rucita
  • Tempat pertemuan dan diskusi mahasiswa secara terbuka (Selasar)
  • Ruang penelitian dan tugas akhir (D0214)
  • Ruang penelitian untuk keperluan Kompetisi Robotika (Cobra)
  • Transportasi dalam kampus gratis
  • Ruang Tempat Uji Kompetensi (Dalam Perencanaan)
  • Fasilitas kesehatan di Klinik Padjadjaran dan Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, dan Fakultas Keperawatan.