Fasilitas dan Sistem Informasi

Kegiatan akademik dilaksanakan di Kampus Jatinangor, didukung sarana ruang kuliah, ruang seminar, ruang dosen, perpustakaan, dan laboratorium. Fasilitas tersebut didukung pula sarana akses internet/hotspot area, meeting-point area, lapangan olah raga, sarana ibadah, ruang himpunan, dan kantin mahasiswa. Sistem informasi di program studi dan departemen merupakan sistem informasi terpusat dan terintegrasi meliputi semua aspek pendidikan dan pengelolaannya termasuk fasilitas perkantoran elektronik (e-office), E-Learning dan Perangkat Lunak berlisensi.

td>Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT)

Ruang Kuliah
Terdapat 5 (lima) ruang kuliah yang digunakan dalam kegiatan akademik. Ruang kuliah tersebut telah dilengkapi dengan kursi dan meja kuliah, kursi dan meja dosen, meja LCD Proyektor, jendela ventilasi yang nyaman, serta penerangan yang memadai. Sebagian ruang kuliah dilengkapi dengan pendingin udara.
UBJT0101: Kapasitas 60, Luas 80m2
UBJT0102: Kapasitas 60, Luas 80m2
UDJT0206: Kapasitas 80, Luas 100m2
UDJT0212: Kapasitas 60, Luas 80m2
UDJT0315: Kapasitas 80, Luas 100m2
Laboratorium
Terdapat 5 (lima) laboratorium yang digunakan untuk pelayanan (praktikum). Selain itu juga ada laboratorium penelitian yang berada dalam kerangka kelompok bidang keahlian.
Laboratorium Basisdata: Kapasitas 20 komputer
Laboratorium Pemrograman Dasar: Kapasitas 40 komputer
Laboratorium Pemrograman Lanjut: Kapasitas 40 komputer
Laboratorium Jaringan Komputer
Laboratorium Sistem Informasi: Kapasitas 20 komputer
Perpustakaan
Perpustakaan menggunakan aplikasi SLIM yang dapat diakses secara global. Untuk data peminjaman buku, digunakan aplikasi internal. Unpad menyediakan URL khusus untuk tempat penyimpanan informasi publik dengan alamat http://kandaga.unpad.ac.id.
Sistem Informasi
Sistem informasi yang digunakan sudah berbasis internet dan dapat diakses secara publik oleh seluruh civitas academica UNPAD. Ada dua jenis yaitu sistem informasi untuk manajemen Tridarma, dan ada sistem informasi untuk pembelajaran (e-Learning).

Sistem Informasi Perkantoran (e-Office)

Sistem Informasi Pembelajaran (LIVE-Learn in Virtual Environment)

Sistem Informasi Kinerja Pegawai (KKID)

Sistem Informasi Repositry Kepustakaan (Kandaga)

Sistem Informasi Otentikasi Sistem (PAUS-ID)

Sistem Informasi Dosen (Staffs)

Sistem Informasi Keuangan dan Sarana Prasarana (Menggunakan ERP-Oracle)

Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat

Ruang Dosen
  • Setiap dosen menempati ruangan masing-masing yang dilengkapi dengan perlengkapan perkantoran memadari dan modern yaitu luasan > 4m2, meja kantor, kursi staf, lemari, komputer, fasilitas internet Hi-Speed 24 jam. Untuk kenyamanan ditambahkan pendingin udara dan fasilitas makan-minum secukupnya. Selain itu juga tersedia meja diskusi dan ruang diskusi. Untuk keamanan akses dilakukan secara terpadu satu pintu.
  • Walaupun setiap dosen menempati satu ruang secara pribadi (privacy), namun aspek komunikasi baik antara dosen, antara dosen dengan mahasiswa, dan dengan tenaga kependidikan dan tamu tetap dipertahankan dengan adanya ruang terbuka bersama.
  • Setiap dosen yang mengajar di program studi berkedudukan di Departemen Ilmu Komputer. Setiap dosen tergabung dalam Kelompok Bidang Keahlian (KBK). Saat ini ada 2 KBK yaitu KBK Sistem Informasi dan Multimedia (SIMUL) dan KBK Robotics, Artificial Intelligence, and Digital image (RAID).
Fasilitas Lainnya
Untuk menunjang kegiatan akademik baik dosen, mahasiswa, maupun tenaga kependidikan, disediakan ruang-ruang khusus yaitu

  • Mushola setiap lantai
  • Ruang himpunan mahasiswa
  • Fasilitas parkir mobil dan motor yang aman
  • Ruang rapat bersama (departemen)
  • Tempat pertemuan dan diskusi mahaswa secara terbuka
  • Ruang-ruang penelitian dan tugas akhir serta perlengkapannya
  • Fasilitas perangkat lunak original melalui Microsoft Imagine Unpad
  • Ruang penelitian Robotika
  • Ruang Tempat Uji Kompetensi
  • Ujian Computer-based Test (CBT)