Penelitian dan Kerjasama

Aktivitas penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama telah banyak dilakukan mengingat dosen prodi Teknik Informatika sebelumnya adalah dosen prodi Matematika bidang minat Ilmu Komputer. Berbagai jenis penelitian baik secara kompetitif nasional maupun lokal telah diikuti dan memberikan kontribusi internal dan eksternal, misalnya penelitian Fundamental, Hibah Bersaing, Penelitian Strategis Nasional, Penelitian BOPTN dan Penelitian Swadana. Selain itu beberapa penelitian yang bersifat internasional dan multi perusahaan juga telah dilakukan. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui berbagai aktivitas penerapan kepakaran dalam hal pelatihan keilmuan dan aktivitas kemasyarakatan yang terutama ditujukan bagi masyarakat lingkungan sekitar kampus. Kerjasama telah dilakukan dari berbagai sektor ABG (Academics, Business dan Government). Uraian lebih jauh tentang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama yang telah dilakukan dapat dilihat disini.

Kerjasama dengan Institusi Akademik
  • Program SAME 2013 : Program Scheme for Academic Mobility and Exchange merupakan program Kemdikbud berbasis MoU yang salah satu aktivitasnya adalah mengirimkan tenaga pengajar ke institusi pendidikan di luar negeri dengan lama maksimum 3 bulan untuk melakukan aktivitas penelitian dan kerjasama. Untuk tahun 2013 ini telah dikirim satu dosen ke University of Sk√∂vde Swedia. Foto aktivitasnya bisa dilihat disini.
Kerjasama dengan Bisnis dan Industri
  • Microsoft: Pada tahun 2013 Program Teknik Informatika telah bekerjasama dengan Microsoft dalam bentuk bantuan (i) peralatan komputer dan (ii) fasilitas ruang maya yang dapat diakses dosen dan mahasiswa dalam rangka kegiatan akademik, pelatihan dan penelitian di bidang Cloud Computing.
  • Thomson Reuters: Pada tahun 2013, kerjasama dilakukan antara prodi Teknik Informatika dengan perusahaan Thomson Reuters dalam skema Scientific Business and Training Agreement yang dinyatakan dalam bentuk bantuan perangkat lunak EndNote serta bahan-bahan untuk sosialisasi dan pelatihan penggunaannya.
Kerjasama dengan Pemerintah