“The Role of Big Data in The Fourth Industrial Revolution” (Ifest – SEMNAS 2019)

Seiring dengan perkembangan teknologi Informasi, jumlah Data tidak mungkin untuk dibendung. Data bertambah sedemikian cepat dengan jumlah besar, berdimensi tinggi dan berubah dalam hitungan nano. Hal ini menimbulkan tantangan bagi para peneliti untuk menggali informasi atau knowledge yang terkandung dalam data. Knowledge apakah yang tersembunyi dibalik data yang jumlahnya sangat besar tersebut? HIMA-TIF Unpad peduli dengan pertanyaan ini. Dengan mengangkat topik ‘The Role of Big Data in The Fourth Industrial Revolution” dalam acara Ifest (Informatics Festival) – SEMNAS (Seminar Nasional) yang diselenggarakan di Unpad, jalan Dipatiukur pada hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2019. Ifest-SEMNAS adalah agenda rutin tahunan HIMA-TIF Unpad. Hari Sabtu tanggal 12 Oktober 2019 merupakan acara puncak dan sebagai acara penutup dari rangkaian acara Ifest-SEMNAS yang sudah mulai diadakan dalam beberapa bulan terakhir. Ifest-SEMNAS kali ini merupakan sebuah prestasi yang patut untuk diacungi jempol karena acara ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Pada penutupan acara IFest-SEMNAS, ada tiga kegiatan paralel yang diadakan, yaitu pameran/ bazar, lomba IT, dan seminar. Dalam acara seminar yang bertempat di Graha Sanusi, diundang empat orang key note speaker masing-masingnya adalah Bapak DR.Bagus Rully M Co-founder Big Data Indonesia, Ibu Reni Meylani praktisi dari CT Corp, Bapak Nugroho Satrio praktisi dari Gojek, dan yang terakhir adalah Bapak DR Komang Budi dari Telkom Indonesia. Antusias peserta terlihat ketika diadakan sesi tanya jawab. Pertanyaan-pertanyaan cerdas muncul dari parapeserta seminar yang sebagian besar adalah mahasiswa dan praktisi. Yang menarik adalah mereka tidak hanya berlatarbelakang IT, tapi dari berbagai macam disiplin ilmu, seperti psikology, statistik dan juga teknik sipil dan mereka berasal dari berbagai kota di Indonesia seperti Bali, Sidoarjo Jawa Timur, Jogyakarta dan lainnya..
Rangkaian acara Ifest-SEMNAS kali ini ditutup dengan pentas musik yang menampilkan group Band terbaik di lingkungan kampus Unpad.

-h-

This entry was posted in Mahasiswa, Standar 3. Bookmark the permalink.