About

KBK Visualisasi Dan Ilmu Pencitraan  membatasi domain/area penelitian kepada visualisasi objek dan ilmu pengetahuan mengenai visi komputer (computer/computational vision) dan sains pencitraan (imaging science) , yang mencakup bidang-bidang multidisiplin yang meliputi pengenerasian, pengumpulan, penduplikasian, analisis, modifikasi dan visualisasi citra dijital. Sub bidang penelitian yang berkaitan dengan sains pencitraan antara lain grafika komputer, pengolahan citra dijital, visi komputer, pencitraan biomedis, analisis citra, persepsi visual, restorasi citra, biometrika, ilmu kognitif dan sebagainya. Bidang ini memiliki kaitan dengan ilmu-ilmu lain seperti digambarkan pada gambar di bawah ini.

domain

Untuk saat ini fokus penelitian diarahkan kepada analisis semantik citra dijital secara cerdas. Penelitian ini akan berusaha mendapatkan metode/teknik untuk mengekstraksi informasi yang terkandung dalam citra dijital, baik informasi yang bersifat fisik maupun informasi non fisik. Skema penelitian dasarnya dapat dilihat pada gambar berikut:

VisiLAB Research Umbrella

Kegiatan yang dilakukan dalam KBK VISI akan mengacu kepada diagram ikan di bawah ini dan pentahapan waktunya disajikan pada tabel berikutnya.

diagram

roadmap20102014