IFEST 2020: Integrated Technology for Advancing Economy in Disruptive Era

Informatics Festival (IFest) merupakan event IT tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika FMIPA Unpad yang bertujuan untuk mengenalkan dan menambah wawasan mengenai teknologi kepada masyarakat umum serta memfasilitasi dan menunumbuhkan jiwa kompetisi dan berinovasi demi kemajuan Indonesia. Pada tahun 2020 ini adalah yang ke-6 kalinya IFest diselenggarakan. Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, IFest tahun ini hadir secara daring / online.

IFest 2020 memiliki 5 rangkaian. Rangkaian pertama sekaligus pembuka dari rangkaian IFest 2020 yang diadakan pada tanggal 12-13 September 2020, yaitu Workshop Technopreneur, yang bertemakan “Startup Mastermind : Integrated Ideation” dan berkolaborasi dengan Block 71 dalam pelaksanaannya. Rangkaian kedua adalah IT Competition yang terdiri dari 3 cabang lomba yaitu INTENTION App Dev, Data Analysis Competition yang bekerja sama dengan DQLab, dan Capture the Flag. Rangkaian ketiga yaitu Startup Talk yang diadakan selama 2 hari. Hari pertama (26 September 2020) diisi oleh beberapa start up seperti Arkana, Tokocrypto, dan Faspay, serta Startup Kolaborasi, ReadyLearn, DILo Bandung, dan Ambiz sebagai pengisi pada hari kedua (3 Oktober 2020). Rangkaian dilanjutkan dengan Seminar Nasional Informatika dan Rangkaian terakhir sekaligus penutup adalah Awarding Night.

Seminar Nasional Informatika tahun ini mengusung tema “The Integration of Big Data in Financial Technology for advancing Economy”, diadakan via Zoom selama 2 hari yaitu pada tanggal 10-11 Oktober 2020. Menghadirkan 4 pembicara berkompeten pada bidangnya seperti Riki Pribadi sebagai Head of Business Insights & Analytics Product dari OVO dan Mohammad Digjaya Febriantoro sebagai Data Scientist dari DANA pada hari pertama. Dilanjutkan dengan Dandy Masyaril Handoko sebagai Head of Business Intelligence dari GO-PAY dan Handika Hakim sebagai Head of Business Analytics & Campaign Department Bank Mandiri sebagai pemateri pada hari kedua. Peserta terdaftar berjumlah 197 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa hingga umum. Pada Seminar Nasional ini juga dibuka pembuatan paper dan terpilih 5 paper yang dipresentasikan di akhir acara Seminar Nasional.

Rangkaian penutupan dari IFest 2020 adalah Awarding Night, dimana rangkaian ini dimaksudkan untuk menginspirasi dan mengapresiasi seluruh komponen yang telah berpartisipasi pada pagelaran IFest 2020 ini sehingga tetap berkarya dan berinovasi kedepannya, sesuai dengan tema Awarding Night ini adalah “The Art of Appreciation: Inspiring ideas, creating Innovation”. Pada Awarding Night yang dilakukan via Zoom dan via Youtube live streaming ini terdapat Inspiring Talkshow sebagai pembuka yang menghadirkan 2 pembicara muda yang menginspirasi yaitu M Faiz Ghifari sebagai Founder of Gratisin Belajar sekaligus CEO and Co-founder of Bubay’s, dan William Samuel sebagai Founder ShARE Unpad dan YLI National Wave 12 Awardee. Dilanjutkan dengan pengumuman pemenang-pemenang IT Competition dan tim-tim terbaik pada Technopreneur. Untuk pemenang juara 1 cabang lomba INTENTION App Dev adalah team AMCC Yogyakarta, juara 1 cabang lomba Data Analysis Competition adalah team High Hopes, dan Juara 1 cabang lomba Capture The Flag adalah tim Eat Sleep Nambah Semester Repeat. Sedangkan untuk tim-tim terbaik Technopreneur dari urutan pertama sampai ketiga adalah tim Aksawara 1, tim Relink, dan tim Click ID. Acara hiburan pada rangkaian penutup ini adalah penampilan dari Fharel M. Ridho yang membawakan lagu Mengejar matahari dari Ari Lasso, Esok Kan Masih Ada dari Glenn Fredly, dan Manusia Kuat dari Tulus.

IFest 2020 mendapat dukungan penuh dari civitas akademika Program Studi S1 Teknik Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Padjadjaran, sponsor (Kolaborasi, Block71, DQLab, Dewaweb, Labtek Indie, IDCloudHost, CT Corp, Prosa, Camp On Farm, dan Atourin), dan media partner (KabarKampus, Info Pensi, AIESEC, Eltras radio, Share Event, Radio Unpad, Event Banget, Event Bandung, Event Kampus, dll).
This entry was posted in Alumni, Kerjasama, Lulusan, Mahasiswa, Pendidikan, Pengguna, Prestasi, Standar 2, Standar 3, Standar 5, Standar 7. Bookmark the permalink.