Kurikulum
Home

Kurikulum

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Teknik Informatika Universitas Padjadjaran disusun dengan fokus yang terletak pada teori, riset dan penerapan di bidang Teknik Informatika, bidang ilmu lainnya serta masyarakat dan industri serta merujuk kepada perkembangan teknologi terkini dalam bidang ilmu komputer dan informatika. Informasi tertulis dapat dilihat pada buku pedoman akademik program studi.

Landasan Hukum

  • Undang‐Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
  • Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN‐DIKTI)
  • Rujukan lainnya yang relevan.

Informasi dan Rujukan Teknis

  • Beban studi minimal 144 SKS yang dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester.
  • Computing Curricula 2005 dari ACM dan IEEE serta Turunannya.

Profil Lulusan

Bidang Peminatan

Mahasiswa program studi S-1 Teknik Informatika mengambil mata kuliah secara bersama sampai dengan semester 4. Mulai Semester 5 mahasiswa bisa memilih kuliah-kuliah sesuai dengan minatnya. Saat ini tersedia 4 bidang peminatan yaitu (1) Minat Ilmu Komputasi dan Metode Numerik, (2) Minat Sistem Informasi dan Sistem Multimedia (sebelumnya Minat Sistem Informasi Rekayasa Perangkat Lunak), (3) Minat Sistem Cerdas dan Sistem Grafika, dan (4) Minat Jaringan Komputer dan Komunikasi Data. Setiap peminatan mahasiswa dapat memilih 2 mata kuliah wajib pada peminatan (wajib peminatan) dan 1 mata kuliah pilihan bebas.

Dengan peminatan ini diharapkan mahasiswa bisa fokus pada kompetensi spesifik sebagai dasar pembuatan tugas akhir/skripsi yang bisa diselesaikan tepat waktu.